Skip to content
MAGISTER ILMU HUKUM PASCASARJANA UNIVERSITAS MEDAN AREA
facebook
twitter
youtube
instagram
linkedin
Program Studi Magister Ilmu Hukum Terbaik di Sumut
Call Support 0821 6427 4084
Email Support pasca@uma.ac.id
Location Jl Setia Budi No 79 B Medan
  • HOME
  • PROFIL
    • AKREDITASI
    • FUNGSIONARIS
    • STRUKTUR
    • VISI DAN MISI
  • AKADEMIK
    • INFORMASI AKADEMIK
      • AKADEMIK ONLINE
      • E-LEARNING
      • JURNAL
      • LAPOR AOC
    • JADWAL AKADEMIK
      • JADWAL MATRIKULASI
      • JADWAL KULIAH
      • JADWAL SEMINAR & SIDANG
        • JADWAL SEMINAR PROPOSAL
        • JADWAL SEMINAR HASIL
        • JADWAL UJIAN TESIS
      • JADWAL UTS & UAS
      • JADWAL WISUDA
    • KALENDER AKADEMIK
    • KURIKULUM
      • Semester I
      • Semester II
      • Semester III
      • Semester IV
  • AKTIVITAS PRODI
    • KEGIATAN PRODI
    • PRESTASI PRODI
  • MAHASISWA
    • BEASISWA
    • SISTEM INFORMASI
      • DATA MAHASISWA
      • BLOG MAHASISWA
      • JURNAL MAHASISWA
      • AOC
      • E-LEARNING
      • APIK
      • KUOTA
      • OPAC
      • WEBMAIL
      • SIPRODI
      • SINDITAKA
      • INFO UMA
    • PRESTASI MAHASISWA
  • DOSEN
    • DAFTAR DOSEN
    • BLOG DOSEN
    • AKTIVITAS DOSEN
    • PRESTASI DOSEN
    • JURNAL DOSEN
    • AOC
    • RKTS
    • RPS
    • TKTD
    • E-LEARNING
    • OPAC UMA
    • WEBMAIL
  • ARSIP
    • DOKUMEN PRODI
      • PEDOMAN
      • FORMULIR
      • Materi Seminar Online
      • Prosedur Seminar & Sidang
    • PENGUMUMAN
  • ALUMNI
    • TRACER STUDY
    • DATA ALUMNI
    • LAYANAN ALUMNI
    • AKTIVITAS ALUMNI
    • PRESTASI ALUMNI
  • HUBUNGI KAMI

Pelatihan AMI Sertifikasi Kompetensi Nasional Universitas Medan Area Tahun 2022

Home > Berita1 > Berita > Pelatihan AMI Sertifikasi Kompetensi Nasional Universitas Medan Area Tahun 2022

Pelatihan AMI Sertifikasi Kompetensi Nasional Universitas Medan Area Tahun 2022

Posted on June 17, 2022 by admin
0

Universitas Medan Area melalui Lembaga Penjaminan Mutu melaksanakan Pelatihan Auditor Mutu Internal (AMI) Perguruan Tinggi selama 3 hari mulai dari Kamis-Sabtu, tanggal 09-11 Juni 2022 di Convention Hall Haji Agus Salim Universitas Medan Area dari pukul 08.00 – 16.00 WIB. Adapun peserta pelatihan berjumlah 16 calon auditor yang diambil dari masing-masing Fakultas dilingkungan Universitas Medan Area. Hal ini dilaksanakan guna meningkatkan kemampuan para auditor serta pengenalan terhadap Standar Penjaminan Mutu Internal UMA dengan menghadirkan 2 narasumber yaitu Dr. Drs. Wonny Ahmad Ridwan, MM dan Dr. Yudi Chadirin STp, MAgr yang merupakan Kadiv P2SDM LPPM IPB University.

Kegiatan hari ini merupakan bentuk keseriusan dari Bapak Yayasan Haji Agus Salim dalam pelaksanaan dan implementasi Standar Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Hal ini dilakukan sejalan dengan visi Universitas Medan Area (UMA) yaitu Pada Tahun 2035, menjadi universitas yang unggul bidang akademik, ilmu pengetahuan dan teknologi dalam menghasilkan lulusan inovatif, profesional, dan berkepribadian. Ketua Yayasan Haji Agus Salim Drs. M. Erwin Siregar, MBA mengatakan agar para fungsionaris dituntut untuk serius dalam pelaksanaan kegiatan akademik dalam pemenuhan standar SPMI UMA dalam rangka peningkatan akreditasi.

Pelatihan ini dibuka oleh Wakil Rektor di Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Sherlly Maulana, ST, MT Untuk pencapaian Universitas Unggul, Wakil Rekor mengatakan perlunya keseriusan dalam melakukan Audit Mutu Internal untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang ada. Oleh karena itu diperlukan auditor-auditor yang berkompeten dan bersertifikat Nasional untuk dapat mencari akar penyebab dari permasalahan yang ada pada setiap prodi. Dengan kemampuan auditor diharapkan dapat memberikan rekomendasi bagi prodi dalam memenuhi pencapaian terhadap akreditasi nilai unggul. Wakil Rektor di Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, juga menginginkan bahwasannya pelatihan ini tidak hanya berhenti pada hari ini saja, Namun Wakil Rektor menginginkan adanya pelatihan yang akan dilakukan secara kontiniu pada setiap tahunnya, untuk menambah auditor – auditor lainnya. Diinginkan auditor-auditor ini juga sudah tersertifikasi Nasional oleh Lembaga Akreditasi Nasional.

Pelatihan pada hari pertama, Narasumber memberikan pengenalan terhadap Kebijakan Nasional Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi. Yang selanjutnya pemahaman evaluasi Pelaksanaan Standar SPMI (AMI-PT) dan Kode Etik seorang Auditor. Dalam penyampaiannya, narasumber sangat interaktif sehingga suasana pelatihan menjadi suasana diskusi.

Banyak pertanyaan-pertanyaan para calon auditor yang menjadikan suasana pelatihan menjadi komunikasi dua arah. Narasumber juga memberikan tugas-tugas mandiri tentang bagaimana cara mengisi lembar evaluasi diri (LED). Dr. Drs. Wonny Ahmad Ridwan, MM mengatakan seharusnya setiap semester ketua prodi sudah menjadi agenda rutin untuk mengisi lembar evaluasi Diri tersebut. Hal ini agar setiap prodi tidak berat dalam menghadapi akreditasi nantinya.

Dilanjuti pada hari kedua peserta pelatihan lebih banyak diajarkan untuk bermain peran dalam melakukan pengauditan dalam ruang lingkup kegiatan Audit Mutu Internal seperti bagaimana mengisi form checklist, membuat pernyataan temuan, mencari akar permasalahan, memberikan rekomendasi, sampai bagaimana saat melakukan visitasi lapangan. Peserta dilatih untuk menjadi seorang auditor yang memiliki 5 prinsip etika profesi auditor yaitu Integritas, objektivitas, kompetensi profesional dan kecermatan, menjaga kerahasiaan, dan mempunyai perilaku yang profesional.

Yang ditekankan dalam pelatihan ini adalah hasil dari audit mutu Internal bukanlah sebuah aib namun hasil tersebut menjadi perbaikan untuk ke depannya untuk meningkatkan kinerja sebuah prodi seperti yang dikatakan Dr. Yudi Chadirin STp, MAgr.

Kemudian pada hari ketiga pelatihan para peserta melakukan visitasi ke Program Studi (Prodi) dilingkungan Universitas Medan Area sebagai bentuk simulasi peserta dalam berperan sebagai auditor. Setelah melakukan visitasi para peserta melakukan presentasi hasil laporan audit. Presentasi ini dilakukan tiap kelompok untuk melihat deskripsi temuan, kriteria, akibat, akar penyebab masalah, rekomendasi yang disepakati dengan audit, tanggapan auditi, rencana perbaikan, jadwal perbaikan, rencana pencegahan, jadwal pencegahan. Lembar ini disepakati oleh auditi dan auditor. Hasil dari audit ini juga menjadi tugas mandiri para peserta pelatihan.

 

Artikel Terkait :

  • Serah Terima Izin Pembukaan Fakultas Agama Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Medan Area

Views: 364















Kampus I
Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate / Jalan Gedung PBSI, Medan 20223
CALL CENTER UMA : 0811-6013-888
(061) 7368012
univ_medanarea@uma.ac.id
Kampus II
Jalan Sei Serayu Nomor 70 A / Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan 20112
CALL CENTER UMA : 0811-6013-888
(061) 42402994
pasca@uma.ac.id
Copyright 2016-2023 © by PDAI Universitas Medan Area
EnglishIndonesian